Jumat, 06 Juni 2014

Aspek Penting Suatu Kualitas Karya Tulis

Kualitas karya tulis ditentukan oleh 2 aspek, yaitu:
    ü  Topik yang menarik
    ü  Mudah dipahami oleh pembaca
Topik yang menarik
            Pemilihan topik merupakan hal yang paling penting pada saat membuat karya tulis. Pemilihan topik ini dilakukan pada tahap persiapan penulisan. Topik harus menarik terutama bagi penulis karena hal tersebut merupakan salah satu syarat sebuah topik yang baik agar topik tersebut dapat memotivasi pengarang agar terus menerus mencari data untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.
Syarat topik yang baik yaitu :
  1. ·         Menarik untuk ditulis dan dibaca : Topik yang menarik bagi penulis akan meningkatkan kegairahan dalam mengembangkan penulisannya dan bagi pembaca akan mengundang minat untuk membacanya.
  2. ·         Dikuasai dengan baik oleh penulis : Untuk menghasilkan tulisan yang baik, penulis harus menguasai teori-teori (data sekunder), data di lapangan (data primer). Selain itu, penulis juga harus menguasai waktu, biaya, metode pembahasan, bahasa yang digunakan, dan bidang ilmu.


Mudah dipahami oleh Pembaca
              Setiap kita ingin membuat tulisan kata per kata pun harus di perhatikan, karena seorang pembaca akan mudah mengingat kata – kata yang simple tapi berisi dan mudah di pahaminya. Jika kita menulis suatu karya tulisan dengan kata – kata yang tidak mudah dipahami atau dengan bahasa yang masih terdengar asing oleh hampir semua pembaca, Kualitas suatu karya tulis akan menurun.
Ada beberapa faktor yang membuat pembaca terkadang sulit memahami isi sebuah karya tulis, diantaranya adalah : 
  1. ·         Bahasa yang digunakan tidak baku, atau informal. Bahasa penulisan adalah bahasa formal. Ini untuk memberikan kenyamanan bagi si pembaca agar dapat memahami isi karya tulis tersebut.
  2. ·         Topik, tema, dan judul haruslah sinkron dengan isi tulisan, agar pembaca dapat memahami apa yang ingin disampaikan oleh si penulis. Pemberian keterangan dalam penulisan nama-nama ilmiah. Ini dimaksudkan agar pembaca tau arti nama ilmiah yang ditulis penulis. misal Oryza Sativa: Padi.



Tidak ada komentar: