Rabu, 15 April 2015

Alasan Menganjurkan kita menggunakan Software Open Source dalam Pembuatan Aplikasi



Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ? Karena Software Open Source itu software mudah sekali di kembangkan oleh user yang sudah mempunyai Software tersebut, dan diharapakan dengan adanya aplikasi atau Software Open Source atau biasa kita kenal dengan Software gratis, memudahkan pengguna untuk mengeksplore kemampuan dalam mengembangkan suatu software yang sudah ada dan memperbaiki kelemahan – kelemahan software terebut.
Software open source itu sendiri merupakan bersifat bebas bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, akan tetapi bebas disini adalah bebas untuk digunakan, dikembangkan, disebarkan ulang dengan mempertanggungjawabkan secara bersama dan tidak menghilangkan hak cipta pembuatnya. Inilah yang menjadi alasan software open source yang tersebar saat ini menjadi lebih berkualitas.
Dalam pembuatan aplikasi menggunakan Software Open Source, pengunaan bisa mengetahui kelemahan dalam Tools atau perangkat kerja di software tersebut, sehingga aplikasi tersebut bisa berjalan di perangkat – perangkat yang terbaru tanpa harus memperbaharui.
Dengan adanya perbaikan kelemahan software open source dari beberapa pengguna internet maka pengembangan metode ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas software open source.
            Adapun kelebihan dan kekurang dalam penggunaan Software Open Source,

Kelebihan Software Open Source
  1. Software Open Source biasanya dikembangkan oleh suatu lembaga atau komunitas yang ahli dibidangnya secara bersama-sama sehingga masalah yang ditemukan bisa dengan cepat diatasi.
  2. Fitur yang banyak dan kompleks begitupula dengan kemampuannya.
  3. Software Open Source berlisensi GPL (General Public Licence) sehingga pengguna tidak dikenakan biaya untuk software tersebut.
Kekurangan Software Open Source
  1. User interface yang cenderung rumit bagi user awam
  2. Tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan kinerja software berbayar.
  3. User awam sering menemui kesulitan dalam instalasi dan penggunaan software open source.



Sumber :

Tidak ada komentar: