Jumat, 28 Maret 2014

Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar dan Fungsi Bahasa sebagai Alat Komunikasi

1.                  Berbahasa Indonesia yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai konteks (pembicaraan atau penulisan). Berbahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia.
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat di artikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul.Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.Bahasa  yang di ucapkan harus baku.
Selain itu tatanan bahasa yang baik dan benar harus mengikuti pola yang sudah di tentukan EYD(Ejaan Yang Disempurnakan), tetapi terkadang bahasa yang kita di gunakan ke dalam keseharian itu sangat jauh berbeda dari pola tersebut, walapun begitu kita tetap menggunakan bahasa baik dan benar tanpa menghilangkan pola tersebut walaupun jauh dari kata pola EYD yang kita biasa sebut SPOK(Subject,Predikat,Objek,dan Keterangan)
Contoh bahasa yang sangat baku dan mengikuti pola
Contoh : Apakah saya bisa beli sayuran dengan harga 2000?
Sedangkan yang biasa kita dengar dalam kesaharian
Contoh : Saya mau beli sayuran ini 2000 boleh gak?
Dari contoh tersebut, memang sangat berbeda dengan pola yang biasa kita di ajarkan tetapi tidak menghilangan tatanan bahasa yang baik dan benar. Ada juga bahasa yang biasa keseharian tapi menghilangkan tatanan bahasa yang baik dan benar
Contoh : Wooii gua mau beli nih sayuran 2000 ajeeh boleh gak?

2.                  Fungsi Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan suatu komunikasi yang sudah di terapkan dari awal kita menjadi manusia. Bahasa sudah menjadi kebutuhan dalam keseharian kita dan kehidupan kita, tanpa bahasa kita tidak bisa saling menukar informasi kepada pihak ke dua atau orang lain, dan tanpa bahasa hingga saat ini mungkin kita masih pakai bahasa tubuh. Tuhan menciptakan mulut untuk berucap,jadi betapa pentingnya sebuah bahasa dalam keseharian kita dalam melakukan suatu kegiatan dalam mengeluarkan statement atau pendapat atau saling menukar informasi lebih jelas.
Zaman sekarang fungsi bahasa sering di salah artikan,banyak yang menggunakan fungsi ini untuk merendahkan orang, menggunjing,berkata kasar, hingga dengan kita salah berbicara atau salah mengeluarkan statement, nyawa menjadi taruhan. Bahasa sangat lah vital, “Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan” kata – kata tersebut bukan hal yang tabu, tapi menjadi kebiasaan, dari salah mengucap atau bahasa yang kurang menyenangkan di telinga orang akan berdampak sekali terhadap kehidupan sosialnya,dari di jauhin, di kucilkan, sampai membunuh hanya karena salah mempergunakan bahasa.
Bahasa yang baik dan benar itu memiliki empat fungsi :
1. fungsi pemersatu kebhinnekaan rumpun dalam bahasa dengan mengatasi batas-batas kedaerahan;
2. fungsi penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain;
3. fungsi pembawa kewibawaan karena berpendidikan dan yang terpelajar
4. fungsi sebagai kerangka acuan tentang tepat tidaknya dan betul tidaknya pemakaian bahasa.
Bahasa sebagai identitas kita, indonesia sendiri setiap provinsi mempunyai bahasa yang khas dan menjadi alat komunikasi kesehariannya, setiap negara pun mempunya bahasa sendiri juga, termasuk penulisannya,jadi jika kita mempermainkan bahasa berarti sama saja kita mempermainkan identitas dari asal bahasa tersebut.
Bahasa juga mempunyai peranan penting untuk mempertahankan suatu budaya dari negara tersebut dan keunikan suatu negara, jadi budayakan bahasa yang baik agar indonesia di kenal sangat santun dalam bahasa terhadapa dunia.

Tidak ada komentar: