Selasa, 13 Januari 2015

Perkembangan Telematika di Indonesia




Pengertian Telematika

Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Sejarah Perkembangan Telematika di Indonesia
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Jarak geografis kini tidak lagi menjadi penghalang dalam proses komunikasi dan pertukaran informasi. Biaya penyimpanan dan pengantaran informasi secara elektronik kini telah semakin banyak ditentukan oleh kebijakan public, ketimbang oleh faktor-faktor teknikal semata. Misalnya, harga pusa telepon lebih terkait dengan kebijakan regulasi public dari pada harga actual yang dibutuhkannya.
Komputer-komputer digital dan media penyimpanan informasi berskala besar dan missal telah memungkinkan terwujudnya basis data dengan kemampuan untuk memproses dan memanipulasi informasi. Tidak dengan informasi tertulis, data yang tersimpan secara elektronik ini ‘tak tampak‘ bagi mata biasa, kecuali bagi perangkat keras dan lunak untuk melakukan decoding (seperti komputer dengan kartu baca magnetic).
Teknologi pemrosesan data secara elektronik ini bersama dengan teknologi komputer digital telah menghasilkan sebuah aliansi sinergis baru yang dikenal luas sebagai teknologi informasi, atau Teknologi Telematika. Ruang , waktu, dan biaya secara berangsur-angsur direduksi melalui aplikasi-aplikasi tekonologi komputer, penyimpanan missal, dan transmisi elektronikal dan optial. Pengontrolan informasi dalam rangka teknologi seperti ini menjadi lebih terdistribusi ketimbang sebelumnya. Dan peranan-peranan pemerintah, agen-agen komersial, pengusaha-pengusaha swasta menjadi lebih sulit untuk dimengerti. Telekomunikasi mempunyai pengertian sebagai teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. ‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan komputer. Sedangkan pengertian Informatika) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Penerapan Telematika di Indonesia
Di Indonesia sudah banyak menggunakan system dengan memanfaatkan teknologi, dari proses administrasi, system penyimpanan data, pemrosesan pengiriman data, dan lain-lain. Informasi -  informasi sudah bisa di akses dengan mudah dan selalu cepat dalam pembaharuan berita. Contoh yang Telematika sudah di terapakan di Indonesia adalah :

1.       E-government
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya. Tim tersebut memiliki beberapa target. Salah satu targetnya adalah pelaksanaan pemerintahan online atau e-goverment dalam bentuk situs/web internet. Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja.
E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

2.       E-commerce
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim. Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), erbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.

3.       E-learning
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs. Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
Peranan web kampus atau sekolah termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.
Hampir seluruh kampus di Indonesia, dan beberapa Sekolah Menegah Atas (SMA), telah memiliki web. Di DKI Jakarta, proses perencanaan pembelajaran dan penilaian sudah melalui sarana internet yang dikenal sebagai Sistem Administrasi Sekolah (SAS) DKI, dan ratusan web yang menyediakan modul modul belajar, bahan kuliah, dan hasil penelitian tersebar di dunia internet. Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sistem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.

4.       Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika Interface dalam telematika
meliputi banyak hal, salah satu nya adalah video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Salah satu fitur yang terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System). Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time.
Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan standar H.320. Perangkat-perangkat lainnya seperti : LCD Proyektor 79, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet 25 30, Ploter 1 1, Scanner 4 5, Digitizer. Dari Aplikasi Keselamatan dan Keamanan misalnya: SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis, dll. Aplikasi navigasi informasi Trafiki, Cuaca, GPS, dll. Aplikasi komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video Call, dll. Hiburan : Musik, Video, Game, dll. Di bidang kesehatan misalnya: Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, konsultasi Jarak jauh, dll. Di bidang pemerintahan : Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM, dll. Bidang pendidikan : E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online, dll. Sedangkan,Infrastruktur komunikasi untuk mendukung teknologi telematika antara lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV, jaringan Titik Akses dan lainnya.

Trend Telematika Kedepan
Seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Mengenai trend ke depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyrakat. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.
                Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya. Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik. 

Ada lima kelompok industri yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
1. Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2. Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3. Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
4. Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)
5. Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)

Sumber :





Jumat, 02 Januari 2015

Pekerjaan yang HANYA terdapat di Indonesia

Halo semua…
Kali ini saya akan membahas suatu tema yaitu “INDONESIAKU”, dan saya ingin memposting dengan pembahasan yang gak jauh beda dengan tema. Coba deh apa menurutmu yang berkaitan dengan INDONESIA?,  Makanan?? Banyak, Minuman?? Ah biasa saja, Wisata?? Tidak diragukan lagi. Di sini aku ingin membahas tentang suatu pekerjaan yang HANYA terdapat di Indonesia. PEKERJAAN??? , Yuppss memang di Indonesia banyak pekerjaan yang sama dengan negara lain, TAPI ada yg tidak terdapat di negara lain, lebih tepatnya hanya di Indonesia yang mempunya pekerjaan tersebut. Oke sekarang aku ingin menyebutkan 7 pekerjaan yang HANYA terdapat di Indonesia.

1.    Tukang Parkir

Di Negara luar, parkir mobil atau motor mempunyai gedung yang sudah terjamin keamanannya dan petugas hanya menagih uang parkiran di loket ketika kita mau keluar dari gedung, tapi sangat berbeda di Indonesia, budaya orang – orang Indonesia yang sangat malas memarkir mobil atau motor ke tempat yg jauh dan, akan memarkir kendaraan yang dekat dan tukang parkir siap mengantarkan anda ke tempat parkir yg deket tapi mengandung resiko tinggi juga. Biasanya di tempatkan parkir di pinggir jalan, dan gak heran macet dimana – mana karena parkir sembarangan. Setelah urusan kita selesai, ketika kita mengeluarkan kendaraan, tukang parkir akan siap menuntun anda atau mengarahkan anda, dan biasa nya tukang parkir di kasih sekitar 2000 sampai 4000 rupiah, kalau mobil yang di parkir banyak, lumayan juga pundi – pundi penghasilannya.

2.    Tukang Ojek



Mungkin untuk mengantarkan penumpang ke tujuan, banyak penyewa jasa angkutan, dari mulai angkutan umum seperti angkot, Bis, Busway, Taksi dan Kereta, di Negara luar, angkutan umum ini sudah biasa dan ada di sana, tetapi angkutan umum yang tidak terdapat di Negara luar yaitu Ojek, Ojek adalah angkutan umum dengan memakai kendaraan Motor atau Sepeda Motor. Angkutan umum ini adalah angkutan dengan biaya yang agak mahal setelah taksi, karena akses yg mudah dan cepat sampai tujuan, dan bensin pun bisa 1 sampe 2 hari habis untuk mengantar penumpang apalagi mengantarkan penumpang dengan tujuan yang agak jauh, bisa lebih mahal kali ya.



3.    Ojek Payung




Ojek biasa identik dengan motor, tapi yang ini adalah ojek payung, pekerjaan ini agak sangat berisiko, karena penyedia jasa harus rela keujanan untuk menyewakan payungnya, dan rela sakit untuk mencari nafkahnya, waawww sungguh terharu. Biasanya penyewa menawarkan ke orang -  orang yang lupa bawa payung , maklum lah Indonesia paling repot bawa banyak – banyak apalagi bawa payung, berat.

4.    Tukang Tambal Ban


Ya, di Indonesia, penyelamat kempes dan bocornya ban kendaraan memang bertebaran dimana-mana. Ada di sepanjang jalan besar, ada pula di jalan-jalan kampung. Biaya yang harus kamu keluarkan juga nggak mahal, kok. Biasanya, untuk tambah angin kamu akan dikenakan 1000 rupiah per bannya, sedangkan untuk tambal ban bocor kamu dikenakan 10-15 ribu rupiah per bannya.
Sedihnya, kadang penyebab bocornya ban kendaraan kita adalah karena tukang tambal ban yang nakal itu sendiri. Mereka kerap menyebar paku di jalanan dekat kiosnya supaya banyak pengendara yang menambal ban kendaraannya di kios mereka. Keuntungan yang mereka dapat pun semakin banyak. Tapi tenang aja: tukang tambal ban yang jujur jumlahnya lebih banyak, kok.
Keberadaan bengkel yang jumlahnya terbatas dan jaraknya yang berjauhan mungkin jadi salah satu alasan mengapa tukang tambal ban di pinggir jalan semakin menjamur. Sebagai pengendara, kita bersyukur aja karena keberadaan mereka sangat membantu kita.

5.    Joki 3 in 1


Profesi ini sangat unik dan tak akan ditemui di Negara lainnya, hanya di Indonesia! Peraturan 3 in 1 yang hanya ada di Jakarta ini mengharuskan kendaraan pribadi beroda empat atau lebih untuk mengangkut minimal 3 orang (termasuk pengemudinya) pada waktu-waktu tertentu di jalur protocol. Hal tersebutlah yang membuat banyak joki-joki yang menawarkan jasa agar kendaraan pribadi tidak ditilang saat melintasi jalur 3 in 1.

6.   Tukang Sol Sepatu



Sepatu kesayanganmu tiba-tiba sol-nya jebol? Jangan khawatir nggak bisa memakainya lagi. Ada mamang tukang sol sepatu yang siap mereparasi sepatumu. Kamu hanya perlu menunggunya lewat depan rumahmu (biasanya siang hari, sekitar pukul 13.00).
Memang banyak tukang reparasi sepatu yang lebih terpercaya di mall, tapi pasti malas rasanya karena nggak di setiap mall ada. Lagipula, kadang kita harus menunggu sepatu direparasi dalam waktu yang cukup lama. Padahal, tukang sol keliling hanya butuh waktu beberapa menit untuk memperbaiki sepatu kita. Selain itu, mereka juga lebih murah biaya jasanya.

7.    Tukang Jamu


Masuk angin, perut kembung, tidak nafsu makan dan badan pegal-pegal, atau permasalahan datang bulan, semua bisa di atasi dengan tukang jamu keliling. Indonesia masih sangat mengenal rempah – rempahan, yang berkhasiat menyembuhkan penyakit yang biasa di alami orang – orang Indonesia, dan masih percaya khasiat alamiah dapat menyebuhkan penyakit. Tukang jamu lah solusinya, biasa di berteriak “JAMUUU” berkeliling mengitari perkampungan maupun perumahan. Biasanya anak – anak suka dengan jamu Beras kencur, rasanya enak dan seger, dan bagi para wanita yang biasa bermasalah dengan datang bulan, bisa pesan kunyit asem, atau para Pria yang menginginkan badan yang kuat apalagi kejantanan, bisa juga di mbok jamu.




Nah sekian pembahasan dari aku, kita turut berbangga dengan Indonesia, karena Indonesia sangat lah unik walau berbeda – beda suku. Dan sebagai buktinya pekerjaan yang aku sebutin di atas, karena pekerjaan ini bisa di bilang sangatlah mulia dan rata – rata mengandung resiko yang sangat besar untuk menjalani pekerjaan tersebut dan HANYA di Indonesia, pekerjaan yang tidak masuk di akal bisa menjadi ada. This is My Lovely Country, Jayalah Indonesia!!!